DAMPAK BURUK PABRIK DI CIKONDEH BAGI WARGA

                           KETIKA INDUSTRI MENGHILANGKAN KEINDAHAN DESA



Ketika industri masuk desa,banyak perubahan yang menjadikan suatu kampung hilang keindahan nya,suasana damai,suhu udara sejuk,asri,sudah berangsur-angsur hilang begitu saja..
begitu juga yang di alami di kampung kelahiran saya sendiri kp cikondeh desa margaluyu kecamatan leles kabupaten Garut..yang tadi nya suasana kampung yang begitu indah,sejuk dan asri kini berubah total menjadi daerah GERSANG
polusi udara berubah menjadi panas,debu limbah pabrik menjadi ancaman bagi para warga di sekitar nya,bahkan radius penyebaran polusi nya cukup lumayan jauh hingga mencapai radius 3km,,sungguh memprihatin kan,menjadikan tragedi jangka panjang bagi para warga setempat..
seharus nya #pemdagarut memperhitungkan lagi dalam memberikan izin usaha bagi para pengusaha pabrik,maupun pengusaha dalam bidang tersebut..
BUKAN menjadikan lapangan kerja baru bagi para masyarakat setempat,malah menjadikan efek buruk bagi mereka...kenapa?? karena yang tadinya menjanjikan lapangan kerja bagi para masyarakan setempat,setelah berdirinya pabrik pihak pengusaha malah meng abaikan perjanjian tersebut,,sungguh ironis,,,
MANA tanggung jawab dari pihak perusaan,mereka hanya mencari makan tanpa memperhitungkan dampak negatif untuk warga setempat..banyak warga yang mengeluhkan hasil dari limbah tersebut,seperti DEBU dari bahan material yang butuhkan sebagai bahan produksi utama,seperti pasir,batu split dan bahan-bahan lain nya,operasional pabrik pun tidak sesuai..

DAMPAK besar bagi para warga adalah limbah pabrik nya yang sangat mengganggu aktifitas warga,debu tersebut menyelimuti rumah-rumah warga dan jalan umum,mereka takutkan penyakit yang akan menjakit,sudah mulai dampak dari polusi tersebut,
area pabrikpun tidak sesuai dengan keadaan,pabrik yang berlokasi di tengah perkampungan,kalau seandain nya  PEMDAGARUT  mengkaji ulang izin tersebut tidaklah mungkin masalah ini terjadi sekarang di kampung kami..

Kami berharap PEMERINTAH  memperhatikan maslah ini terkhusus #DINASPERINDUSTRIAN KABUPATENGARUT  




0 komentar:

Post a Comment